Studi Tentang Manfaat Aktivitas Bermain Game Online Dalam Mendukung Prestasi Belajar Siswa Kelas Xii Sman 1 Malingping Lebak Banten
Abstract
Bermain game online yang berlebihan menyebabkan adanya rasa
candu bagi anak untuk terus bermain menghabiskan waktunya siasia.
Maka
butuh
dukungan
dari
orang
tua
melalui
prestasi
belajar
siswa
yang tepat dan sekolah melalui pembiasaan-pembiasaan
yang baik sehingga prestasi belajar anak tidak terganggu
begitupun dengan belajarnya.Penelitian ini bertujuan untuk 1)
mendeskripsikan bagaimana peran orangtua dan guru dalam
aktivitas bermain game online terhadap prestasi belajar siswa
SMAN1 Malingping.2) dan mengetahui manfaat aktivitas bermain
game online dalam mendukung prestasi belajat siswa XII SMAN1
Malingping.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta
didik kelas XII, wali kelas XII, orang tua peserta didik dan kepala
sekolah. Objek penelitian ini siswa berupa studi aktivitas bermain
game online dalam mendukung prestasi belajar siswa. Dalam
menentukan subjek penelitian teknik yang digunakan adalah
purposive sampling yaitu menentukan sumber data melalui
beberapa pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) penerapan kedisiplinan
orang tua dan guru termasuk pendisiplinan yang ketat 2) faktor
penghambat belajar lalai,pengaruh lingkungan atau banyaknya
waktu kosong dirumah,membuat penggunaan gadget berlebihan.3)
Manfat aktivitas bermain game online yaitu memperluas Bahasa
inggris,memperbanyak teman,serta menghilanghkan rasa bosan
atau jenuh (sebagai hiburan)
Collections
- Islamic Education [743]