Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaifullah Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorA. YUSUP
dc.date.accessioned2021-08-19T07:01:21Z
dc.date.available2021-08-19T07:01:21Z
dc.date.issued2021-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31808
dc.description.abstractDi abad 21 ini, dunia pendidikan khususnya Indonesia mengalami beberapa permasalahan, sehingga pemerintah mamandang perlu untuk merubah standar pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan guru dalam mengiplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dan solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala atau masalah yang dialami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Informan dalam penelitian ini adalah WAKA Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, Ssiwa/I SMP Negeri 2 Wonomulyo. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan melakukan tiga tahap yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam mengiplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat tersebut menggunakan strategi atau pendekatan saintifik sebagaimana yang ada dalam buku panduan penerapan kurikulum 2013 yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Namun, dalam proses implementasinya guru mengalami kendala yang sama yaitu banyaknya tugas administrasi yang dibebankan kepada guru sehingga perhatian guru terhadap tugas pokoknya untuk mengajar menjadi lebih berkurang. Adapun solusi yang dilakukan guru dalam menghadpi permasalahan tersebut adalah dengan penyederhanaan kurikulum sehingga tugas-tugas administrasi guru menjadi lebih berkurang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam dan Budi pekertien_US
dc.titlePendekatan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat)en_US
dc.Identifier.NIM17422164


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record