Pendekatan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat)
Abstract
Di abad 21 ini, dunia pendidikan khususnya Indonesia mengalami beberapa
permasalahan, sehingga pemerintah mamandang perlu untuk merubah standar
pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan guru
dalam mengiplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan
agama dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali
Mandar Sulawesi Barat, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
kendala yang dihadapi guru dan solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala
atau masalah yang dialami.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah SMP Negeri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat.
Informan dalam penelitian ini adalah WAKA Kurikulum, Guru Pendidikan
Agama Islam, Ssiwa/I SMP Negeri 2 Wonomulyo. Adapun teknik yang
digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan melakukan tiga tahap yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam mengiplementasikan kurikulum
2013 di SMP Negri 2 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat
tersebut menggunakan strategi atau pendekatan saintifik sebagaimana yang ada
dalam buku panduan penerapan kurikulum 2013 yang telah diterbitkan oleh
pemerintah. Namun, dalam proses implementasinya guru mengalami kendala
yang sama yaitu banyaknya tugas administrasi yang dibebankan kepada guru
sehingga perhatian guru terhadap tugas pokoknya untuk mengajar menjadi lebih
berkurang. Adapun solusi yang dilakukan guru dalam menghadpi permasalahan
tersebut adalah dengan penyederhanaan kurikulum sehingga tugas-tugas
administrasi guru menjadi lebih berkurang.
Collections
- Islamic Education [861]