Show simple item record

dc.contributor.advisorWidinda Normalia Arlianty, S.Pd., M.Pd.
dc.contributor.advisorMuhaimin, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.authorAtria Hanif Dwi Rahayu
dc.date.accessioned2021-08-19T04:27:45Z
dc.date.available2021-08-19T04:27:45Z
dc.date.issued2021-06-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31788
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap: 1) prestasi belajar peserta didik ranah pengetahuan; 2) kerjasama peserta didik; dan 3) kegiatan saintifik 5M peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu Posstest Only with Nonequivalent Groups Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dari penelitian berjumlah 66 peserta didik yang terbagi dari 2 kelas yaitu 30 peserta didik dari kelas eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan dengan bentuk soal pilihan ganda sedangkan teknik non tes digunakan untuk data kerjasama dan kegiatan saintifik 5M dengan bentuk instrumen angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar peserta didik ranah pengetahuan pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020; (2) ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kerjasama peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020; dan 3) ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kegiatan saintifik 5M peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLearning Cycle 5Een_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectKerjasamaen_US
dc.subjectKegiatan Saintifik 5Men_US
dc.subjectReaksi Redoken_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Prestasi Belajar, Kerjasama, Dan Kegiatan Saintifik 5M Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.Identifier.NIM17614043


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record