Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Prestasi Belajar, Kerjasama, Dan Kegiatan Saintifik 5M Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan
penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap: 1) prestasi belajar
peserta didik ranah pengetahuan; 2) kerjasama peserta didik; dan 3) kegiatan
saintifik 5M peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1
Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah Quasi
Experimental Design yaitu Posstest Only with Nonequivalent Groups Design.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X
SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dari penelitian
berjumlah 66 peserta didik yang terbagi dari 2 kelas yaitu 30 peserta didik dari kelas
eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan dengan
bentuk soal pilihan ganda sedangkan teknik non tes digunakan untuk data kerjasama
dan kegiatan saintifik 5M dengan bentuk instrumen angket. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penerapan
model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar peserta didik
ranah pengetahuan pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan
tahun pelajaran 2019/2020; (2) ada perbedaan yang signifikan penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kerjasama peserta didik pada materi
reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020; dan
3) ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle
5E terhadap kegiatan saintifik 5M peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X
SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020.
Collections
- Chemistry Education [324]