Analisis Kesediaan Membayar Pada Hotel Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Hotel syariah dengan pelayanan dan produk halal memiliki berbagai keunggulan
dan lebih aman bagi konsumen. Konsumen bersedia membayar jasa penginapan
hotel syariah dibandingkan dengan hotel konvensional pada tingkat harga tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai kesediaan membayar konsumen
dan faktor-faktor yang memengaruhinya pada hotel syariah di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 94 responden menggunakan purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan metode valuasi kontigensi untuk mengukur
nilai kesediaan membayar konsumen dan regresi berganda dengan persamaan
kuadrat kecil biasa untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa nilai rataan
kesediaan membayar pada hotel syariah di Yogyakarta sebesar Rp 545.479. Nilai
WTP yang dihasilkan lebih besar dibanding tarif yang ditawarkan manajemen hotel
syariah di Yogyakarta. Faktor yang memengaruhi kesediaan membayar pada hotel
syariah di Yogyakarta yaitu religiusitas dan fasilitas. Variabel religiusitas dan
fasilitas berpengaruh positif signifikan, sedangkan motivasi wisata, pengetahuan,
merek/citra, dan pelayanan tidak berpengaruh.