Implementasi Pembelajaran Daring Di Lingkup Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Pembelajaran daring secara penuh merupakan hal baru pada pendidikan
formal di Indonesia. Selain itu, berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya
belum ada yang fokus terhadap aspek kesiapan ataupun terhadap hasil
pembelajaran, terlebih belum ada yang melakukan kajian terhadap pembelajaran
daring di prodi Ekonomi Islam FIAI UII. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu
melakukan penelitian lebih mendalam terhadap pembelajaran daring di prodi
Ekonomi Islam FIAI UII.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi,
wawacara mendalam, dan kajian dokumentasi. Teknik penentuan informan yang
digunakan adalah dengan teknik purposive, uji keabsahan data dengan
menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan
adalah mengumpulkan, menyeleksi, menampilkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Pertama, implementasi
pembelajaran daring di prodi Ekonomi Islam FIAI UII diawali dengan penyusunan
Rencana Pembelajaran Semester, Matriks Penugasan, dan tabel pembagian tugas
dosen. Selanjutnya, metode yang digunakan yaitu Sinkron, Asinkron, Blended, dan
Flip Classroom. Media Pembelajaran yang digunakan terdiri dari perangkat keras
meliputi handphone dan laptop, dan perangkat lunak yang terdiri dari Youtube,
WhatsApp, Instagram, Anubto, Zoom, dan Google-meet. Kedua, hasil
implementasi pembelajaran daring dapat diklasifikasikan menjadi implikasi positif
dan negative. Implikasi positif meliputi efisiensi waktu pembelajaran, fleksibilitas
waktu dan metode, dan melatih serta meningkatkan kreatifita dosen. Implikasi
negative yaitu menurunnya semangat belajar mahasiswa, kurang efektif dalam mata
kuliah yang bersifat spiritual, eksakta, dan terapan atau praktik, serta minimnya
fungsi pengawasan dosen terhadap mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.