Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorM. Rizki Habibi
dc.date.accessioned2021-08-12T07:39:30Z
dc.date.available2021-08-12T07:39:30Z
dc.date.issued2021-03-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31585
dc.description.abstractPembelajaran daring secara penuh merupakan hal baru pada pendidikan formal di Indonesia. Selain itu, berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya belum ada yang fokus terhadap aspek kesiapan ataupun terhadap hasil pembelajaran, terlebih belum ada yang melakukan kajian terhadap pembelajaran daring di prodi Ekonomi Islam FIAI UII. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu melakukan penelitian lebih mendalam terhadap pembelajaran daring di prodi Ekonomi Islam FIAI UII. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawacara mendalam, dan kajian dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan teknik purposive, uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan, menyeleksi, menampilkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Pertama, implementasi pembelajaran daring di prodi Ekonomi Islam FIAI UII diawali dengan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester, Matriks Penugasan, dan tabel pembagian tugas dosen. Selanjutnya, metode yang digunakan yaitu Sinkron, Asinkron, Blended, dan Flip Classroom. Media Pembelajaran yang digunakan terdiri dari perangkat keras meliputi handphone dan laptop, dan perangkat lunak yang terdiri dari Youtube, WhatsApp, Instagram, Anubto, Zoom, dan Google-meet. Kedua, hasil implementasi pembelajaran daring dapat diklasifikasikan menjadi implikasi positif dan negative. Implikasi positif meliputi efisiensi waktu pembelajaran, fleksibilitas waktu dan metode, dan melatih serta meningkatkan kreatifita dosen. Implikasi negative yaitu menurunnya semangat belajar mahasiswa, kurang efektif dalam mata kuliah yang bersifat spiritual, eksakta, dan terapan atau praktik, serta minimnya fungsi pengawasan dosen terhadap mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPembelajaran daringen_US
dc.subjectEkonomi Islamen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring Di Lingkup Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM17913095


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record