Efektivitas Pembelajaran Tajwid dengan Strategi Index Card Match di TPA Al Mustaqim Wonokerso Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
Abstract
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAJWID DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI TPA AL MUSTAQIM WONOKERSO SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA
Pada kegiatan belajar mengajar, proses sangat penting dilakukan. Komunikasi yang baik dalam proses belajar mengajar, adanya interaksi antara peserta didik dengan peserta didik sangat diperlukan untuk dapat memahami pelajaran. Oleh karena itu, pendidik harus bisa menyampaikan materi dengan strategi yang cocok, kreatif, inovatif agar pembelajaran berlangsung dengan efektif. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran tajwid dengan strategi Index Card Match di TPA Al Mustaqim Wonokerso Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Peneliti melihat ada fenomena yang terjadi di TPA Al Mustaqim yang sangat menarik untuk dikaji. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TPA Al Mustaqim Wonokerso Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta yang telah mencapai Iqra 4 dan setelahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dengan metode wawancara dengan jumlah informan 11 orang yang diambil dari pihak pendidik maupun peserta didik. Selain itu, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk memperkuat penemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan pembelajaran tajwid dengan strategi Index Card Match sangat efektif dilakukan karena lebih mudah dipahami, lebih mudah dihafalkan, ringkas dan melibatkan aktivitas anak. Faktor pendukung strategi Index Card Match adalah antusiasme, kamunikasi yang baik antara peserta didik dan pendidik. Sedangkan faktor penghambat dalam stategi Index Card Match adalah usia peserta didik yang bercampur sehingga berpengaruh terhadap daya tangkap, kelas, waktu, hujan, dan peserta didik memiliki kegiatan di luar TPA.
Kata kunci: Efektivitas, Tajwid, Index Card Match
Collections
- Islamic Education [861]