Penerapan Media E-Learning Dalam Proses Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memperbaiki system, serta menjadi bahan evaluasi bagi penerapan media e-learning di Universitas Islam Indonesia yang difokuskan lagi pada program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam. Selain itu penelitian ini juga diajukan untuk mendapatkan gelar sarjana sebagai tugas akhir di Universitas Islam Indonesia.
Pendekatan yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatai adalah fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Penelitian deskriptif kualitatif menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Terutama kepada penerapan media e-learning itu sendiri.
Penerapan media e-learning di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia menggunakan beberapa aplikasi berbasis android untuk penerapan media e-learning non-tatap muka. Selain itu, Universitas sendiri telah menyiapkan dan mewadahi penerapan media e-learning menggunakan klasiber. Sedangkan untuk saat ini Program Studi Pendidikan Agama Islam menggunakan aplikasi Padled dalam penerapan media e learning tatap muka.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Elektronik Learning
Collections
- Islamic Education [861]