Hubungan Regulasi Diri Dengan Stres Pengasuhan Pada Orangtua Yang Mendampingi Anak Sekolah Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi COVID-19 membuat peran orangtua meluas karena harus mendampingi anak
sekolah daring. Sulitnya mendampingi anak sekolah daring di masa pandemi membuat
orangtua rentan mengalami stres pengasuhan. Namun jika orangtua memiliki regulasi
diri yang baik, orangtua akan memiliki pertahanan yang lebih kuat sehingga resiko stres
pengasuhan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
regulasi diri dan stres pengasuhan pada 112 orangtua yang mendampingi anak mereka
sekolah daring. Penelitian ini menggunakan Parenting Self Regulation Scale ‘Me as a
Parent’ (MaaP) oleh Hamilton dkk. (2015) untuk mengukur regulasi diri orangtua dan
Parenting Stress Scale oleh Berry dan Jones (1995) untuk mengukur stres pengasuhan.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada korelasi negatif antara regulasi
diri dan stres pengasuhan pada orangtua yang mendampingi anaknya sekolah daring.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara
regulasi diri orangtua dan stres pengasuhan (r = -0.464 dan p = 0.000) sehingga
hipotesis diterima. Semakin tinggi skor regulasi diri orangtua maka semakin rendah
skor stres pengasuhan orangtua.
Collections
- Psychology [2173]