Analisis Repurchase Intention (Niat Membeli Kembali) Tiket Kereta Api Prambanan Ekspres Berbasis Online (Kai Access)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh e-service
quality terhadap customer satisfaction pengguna KAI ACCESS (2) Untuk
mengetahui pengaruh brand image terhadap customer satisfaction pengguna KAI
ACCESS (3) Untuk mengetahui pengaruh customer satisfaction terhadap
repurchase intention pengguna KAI ACCESS (4) Untuk mengetahui pengaruh e service quality terhadap repurchase intention pengguna KAI ACCESS (5) Untuk
mengetahui pengaruh brand image terhadap repurchase intention pengguna KAI
ACCESS.
Metode penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penumpang kereta
lokal Prambanan Ekspres (Prameks). Sampel yang diambil dalam penelitian ini
sebesar 197 responden, berdasarkan model estimasi menggunakan Maximum
Likelihood (ML) minimum diperlukan sampel 100. Hipotesis dalam penelitian ini
akan dianalisis dengan metode Structral Equation Model (SEM).
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) E-service quality memiliki pengaruh
positif signifikan terhadap variabel customer satisfaction (2) Brand image memiliki
pengaruh positif signifikan terhadap variabel customer satisfaction (3) Customer
satisfaction memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel repurchase
intention (4) E-service quality memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
variabel repurchase intention (5) Brand image memiliki pengaruh positif signifikan
terhadap variabel repurchase intention (6) Costumer satisfaction bukan
merupakan variabel mediasi pengaruh e- service quality dan brand image terhadap
repurchase intention
Collections
- Master of Management [408]