Implementasi Program Baca Tulis Al-Quran (Btaq) Kelas 3b Di Mi Sultan Agung Babadan Baru
Abstract
Program Baca Tulis Al-Qur’an merupakan studi untuk memperdalam ilmu
terkait dengan membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an dengan baik dan
benar. Program Baca Tulis Al-Quran menjadi penunjang dalam pembelajaran.
Pada penerapannya MI sultan agung menggunakan metode qiroati dan metode
iqro untuk membantu peserta didik belajar membaca yang baik dan benar.Maka,
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan Baca Tulis Al Quran dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan Baca
Tulis Al-Qur’an di MI Sultan Agung Babadan Baru
Penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3B,
guru kelas, Koordinator Kegiatan,dan Kepala Sekolah. Objek penelitian ini berupa
implementasi Program Baca Tuis Al-Qur’an.Teknik pemilihan informan
menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sumber berdasarkan
pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) Implementasi Program sebagai penunjang
dalam pembelajaran Ilmu Agama Islam seperti Qur’an Hadis dan Bahasa Arab.
Faktor penghambat adalah keterbatasan waktu yang dimiliki pengajar untuk
memantau peserta didik, kurangnya minat peserta didik dalam belajar, kurangnya
dukungan orangtua sebagai pendamping ketika belajar dirumah, Akses internet
dan penguasaan teknologi informasi yang terbatas baik pengajar maupun peserta
didik.
Collections
- Islamic Education [862]