Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia
dc.contributor.author15321109 Anindya Karina Putri
dc.date.accessioned2021-07-29T06:49:32Z
dc.date.available2021-07-29T06:49:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/31062
dc.description.abstractAnindya Karina Putri. 15321109. Komunikasi Pemberdayaan Pada Program Kampung Keluarga Berencana Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kota Balikpapan. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2020. Kampung Keluarga Berencana merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan potensi warga masyarakat agar dapat berkembang dan meningkatkan kesejahteraan dan tercapai tujuan pemerintah menekan laju pertembuhan penduduk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi pemberdayaan pada program Kampung Keluarga Berencana dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kota Balikpapan dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam komunikasi pemberdayaan pada program Kampung Keluarga Berencana dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kota Balikpapan. Komunikasi pemberdayaan merupakan penyampaian pesan kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Komunikasi ini mempunyai fokus pada penyampaian komunikasi, konteks komunikasi, pengunaan media dalam komunikasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemberdayaan pada program Kampung Keluarga Berencana dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kota Balikpapan dilaksanakan oleh petugas penyuluh lapangan yang menyampaikan pesan pemberdayaan kepada masyarakat melalui sosialisasi pemberdayaan di tiga Kampung KB Kampung KB Percontohan Seraya Adhika, Kampung KB Selili Manggar dan Kampung KB Karang Anyar Bersatu. Pesan pemberdayaan adalah tentang Keluarga Berencana dan juga pelaksanaan pemberdayaan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Petugas menyampaikan pesan secara langsung, leaflet, brosur, pemasangan banner, layanan aplikasi yang dapat dapat di download serta menggunakan radio. Respon masyarakat memberikan respon yang baik. Ketiga kampung KB memiliki keunggulan atau faktor pendukung yang adalah adanya dukungan dari tokoh masyarakat dalam komunikasi pemberdayaan. Kelemahan yang ada dalam pelaksanaan program pemberdayaan adalah waktu yang terbatas. Peluang yang dimiliki adanya peluang bekerjasama dengan instansi untuk kegiatan bantuan alat, pemasaran. Ancaman yaitu perkembangan teknologi internet yang semakin pesat sehingga perlu untuk dimanfaatkan terutama kegiatan pemasaran. Kata Kunci: Komunikasi Pemberdayaan, Kampung KB, Perekonomian Keluarga.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Pemberdayaanen_US
dc.subjectKampung KBen_US
dc.subjectPerekonomian Keluargaen_US
dc.titleKomunikasi Pemberdayaan pada Program Kampung Keluarga Berencana dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kota Balikpapanen_US
dc.Identifier.NIM15321109


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record