dc.description.abstract | Anindya Karina Putri. 15321109. Komunikasi Pemberdayaan Pada Program
Kampung Keluarga Berencana Dalam Meningkatkan Perekonomian
Keluarga di Kota Balikpapan. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2020.
Kampung Keluarga Berencana merupakan program dari pemerintah untuk
meningkatkan potensi warga masyarakat agar dapat berkembang dan
meningkatkan kesejahteraan dan tercapai tujuan pemerintah menekan laju
pertembuhan penduduk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi
pemberdayaan pada program Kampung Keluarga Berencana dalam meningkatkan
perekonomian keluarga di Kota Balikpapan dan mengetahui faktor pendukung dan
faktor penghambat dalam komunikasi pemberdayaan pada program Kampung
Keluarga Berencana dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kota
Balikpapan.
Komunikasi pemberdayaan merupakan penyampaian pesan kepada
masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Komunikasi ini mempunyai fokus
pada penyampaian komunikasi, konteks komunikasi, pengunaan media dalam
komunikasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemberdayaan pada
program Kampung Keluarga Berencana dalam meningkatkan perekonomian
keluarga di Kota Balikpapan dilaksanakan oleh petugas penyuluh lapangan yang
menyampaikan pesan pemberdayaan kepada masyarakat melalui sosialisasi
pemberdayaan di tiga Kampung KB Kampung KB Percontohan Seraya Adhika,
Kampung KB Selili Manggar dan Kampung KB Karang Anyar Bersatu. Pesan
pemberdayaan adalah tentang Keluarga Berencana dan juga pelaksanaan
pemberdayaan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Petugas
menyampaikan pesan secara langsung, leaflet, brosur, pemasangan banner,
layanan aplikasi yang dapat dapat di download serta menggunakan radio. Respon
masyarakat memberikan respon yang baik. Ketiga kampung KB memiliki
keunggulan atau faktor pendukung yang adalah adanya dukungan dari tokoh
masyarakat dalam komunikasi pemberdayaan. Kelemahan yang ada dalam
pelaksanaan program pemberdayaan adalah waktu yang terbatas. Peluang yang
dimiliki adanya peluang bekerjasama dengan instansi untuk kegiatan bantuan alat,
pemasaran. Ancaman yaitu perkembangan teknologi internet yang semakin pesat
sehingga perlu untuk dimanfaatkan terutama kegiatan pemasaran.
Kata Kunci: Komunikasi Pemberdayaan, Kampung KB, Perekonomian
Keluarga. | en_US |