Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Kontinuitas Penggunaan Shopeepay
Abstract
Teknologi informasi hadir untuk menjawab tantangan di era digital.
Teknologi informasi telah memunculkan inovasi di bidang keuangan salah satu
contohnya adalah dompet digital ShopeePay. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi kontinuitas penggunaan
ShopeePay pada mahasiswa dan pekerja di Indonesia. Data yang digunakan
merupakan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 220 responden dengan
metode purposive sampling melalui media Google Form. Penelitian ini
menggunakan kombinasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
(UTAUT2) dan Expectancy Confirmatory Model (ECM). Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kemudahan akses, teknologi yang inovatif, motivasi hedonis,
dan nilai harga berpengaruh positif terhadap intensi kontinuitas penggunaan
ShopeePay. Hasil penelitian juga menunjukan tidak terdapat perbedaan rata-rata
mahasiswa dan pekerja pada variabel kemudahan akses, teknologi yang inovatif,
motivasi hedonis, dan nilai harga. Sedangkan pada variabel intensi kontinuitas
penggunaan ShopeePay, terdapat perbedaan rata-rata antara mahasiswa dan
pekerja.
Collections
- Akuntansi [4426]