Pengaruh Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pemasaran Digital terhadap Minat Nasabah Menggunakan Bank Syariah Badan Usaha Milik Negara di Yogyakarta
Abstract
PENGARUH PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN BANK SYARIAH BADAN USAHA MILIK NEGARA DI YOGYAKARTA
Rifky Nurcahyani
16423105
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh pemanfaatan media promosi Instagram terhadap minat nasabah menggunakan bank Syariah di Yogyakarta. Lokasi penelitian yang digunakan adalah di Yogyakarta dengan sampel sebanyak 135 responden. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuesioner yang disebarkan menggunakan googleform. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan sampel kuesioner yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan juga BRI Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pemasaran Instagram mempengaruhi minat nasabah untuk menggunakan Bank Syariah di Yogyakarta dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 39,1% yang artinya sebesar 39,1% minat nasabah menggunakan bank Syariah dipengaruhi oleh adanya pemasaran produk perbankan melalui media promosi Instagram.
Kata Kunci : Pemasaran Digital, Instagram, Minat Nasabah
Collections
- Islamic Economics [826]