Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Sebagai Sarana Pengembangan Akhlak Anak (Studi Kasus Wali Santri Di Pondok Pesantren Modern Darunnajah, Ulujami Pesangrahan Jakarta Selatan)
Abstract
Harapan orang tua agar anaknya dapat tumbuh menjadi anak yang
berakhlak mulia merupakan motivasi dasar bagi orang tua untuk memilih pondok
pesantren sebagai tempat pengembangan akhlak anak. Dalam memilih pondok
pesantren banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi orang tua karena orang tua
meninginkan keseimbangan anatara pelajaran umum dan agama sehingga banyak
orang tua yang memilih pondok pesantren moderen sebagai lembaga pendidikan
anak. Pondok pesantren moderen dapat memadukan pendidikan agama dan
pendidikan umum secara seimbang sehingga setelah menempuh pendidikan di
pondok pesantren moderen orang tua merasa adanya perubahan yg signifikan dari
diri anak terkhususnya dalam bidang agama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, diterapkan
melalui data-data dan pernyataan yang diperoleh dari hasil interaksi antara
peneliti, objek yang diteliti, dan orang-orang yang ada ditempat penelitian. Teknik
analisis data yang digunakan adalah data reduction yang berarti menyatukan,
menentukan data-data yang inti dan memusatkan kepada sesuatu yang penting.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi orang tua memilih pondok
pesantren moderen Darunnajah Ulujami Pesangrahan Jakarta Selatan sebagai
tempat pengembangan akhlak anak dikarenakan kekhawatiran orang tua mengenai
pergaulan anak dan harapan orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi anak
yang berakhlak mulia, dalam memilih pondok pesantren orang tua menginginkan
keseimbangan antara pendidikan agama dan pendidikan umum sehingga orang tua
memilih pondok pesantren moderen Darunnajah Ulujami Pesangrahan Jakarta
Selatan dan setelah menempuh pendidikan di pondok pesantren Darunnajah anak
mendapat lebih banyak pengetahuan agama dan akhlak yang sesuai dengan ajaran
agama.
Collections
- Islamic Education [862]