dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini berawal dari diberlakukannya
pembelajaran daring terkait kasus virus corona yang mengakibatkan sistem
pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Sehingga dalam penerapan active
learning apakah masih diterapkan atau tidak di pembelajaran daring. Dan terkait
bagaimana penerapan active learning yang dilakukan oleh guru rumpun
pendidikan agama Islam, siswa juga diminta untuk memberikan respon terkait
penerapan active learning yang sudah berjalan selama pembelajaran daring ini
diberlakukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di
MAN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan pengembilan data sebagai dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini adalah guru rumpun pendidikan agama Islam. Untuk menguji
keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisa data yang bersifat
induktif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan active learning pada
pembelajaran daring tetap diterapkan guru rumpun pendidikan agama Islam. 2.
Respons siswa terkait active learning pada pembelajaran daring yakni sebagian
besar siswa berpendapat bahwa guru sudah menerapkan active learing tersebut,
meskipun ada kekurangan dalam penyampaian materi, penggunaan media
pembelajaran teknologi, dan susahnya mencari sinyal/ jaringan untuk mengakses
pembelajaran daring. | en_US |