Hubungan Minat Belajar Dan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Kimia Di Enam SMA Di Daerah Sleman
Abstract
ujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui hubungan minat belajar dan
Kerjasama siswa dalam belajar kimia; 2) Mengetahui kriteria minat belajar siswa
Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran kimia; 3) Mengetahui kriteria
kerjasama siswa Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran kimia. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik yang berasal dari enam sekolah SMA di Sleman,
Yogyakarta yang meliputi: SMA N 1 Kalasan, SMA N 1 Turi, SMA N 1 Pakem,
SMA N 2 Sleman, MAN 4 Sleman, dan SMK N 1 Cangkringan. Sampel penelitian
ini adalah peserta didik kelas X, XI, dan XII. Teknik pengambilan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non tes dengan bentuk instrumen
berupa angket. Instrumen minat belajar dan kerjasama siswa yang berbentuk angket
ini kemudian disebarkan secara daring/online melalui google formulir. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parametrik yaitu
pearson product moment dan non parametrik yaitu uji spearman. Uji ini diawali
dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara minat
belajar dengan kerjasama siswa pada SMA N 1 Turi, SMA N 1 Pakem, SMA N 2
Sleman, MAN 4 Sleman, dan SMK N 1 Cangkringan. Namun, tidak pada SMA N
1 Kalasan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan
kerjasama siswa; 2) minat belajar siswa dalam belajar kimia pada enam sekolah
menengah atas di Sleman berada pada kategori baik; 3) kerjasama siswa dalam
belaja
Collections
- Chemistry Education [324]