Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh.Mizan Habibi
dc.contributor.author16422138 Huzaimah Aspuri Hamsa-Skripsi
dc.date.accessioned2021-07-27T00:17:29Z
dc.date.available2021-07-27T00:17:29Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30821
dc.description.abstractIMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI BRAINY BUNCH INTERNATIONAL ISLAMIC MONTESSORI SCHOOL MALAYSIA Oleh: Huzaimah Aspuri Hamsa 16422138 Pada.dasarnya, anak membutuhkan kegiatan yang bermakna, anak-anak suka ikut andil dalam kegiatan orang dewasa, agar mereka merasa bermanfaat dan merasa dibutuhkan. Hal itu merupakan kesempatan untuk menstimulasi dan membentuk karakter kemandirian pada anak. Kemandirian perlu dikembangkan sejak dini karena kemandirian merupakan salah satu tugas perkembangan anak usia dini. Kemandirian dapat distimulasi dengan berbagai metode, salah satunya adalah metode Montessori. Melalui metode Montessori, anak dilatih dengan alat peraga Montessori yang dirancang untuk menstimulasi indera, kognitif dan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. Brainy Bunch International Islamic Montessori school malaysia adalah salah satu pusat pendidikan yang konsen dalam menerapkan metode Montessori kepada seluruh peserta didiknya, khususnya anak usia dini. Penekanan terhadap kemandirian anak dalam implementasi metode Montessori ini tercermin dalam setiap kegiatan pembelajaran anak di Brainy Bunch. Di sekolah tersebut anak dilatih sejak usia dini untuk mengembangkan potensi dirinya, karena dari usia dini ini karakter dan kepribadian anak dibentuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada. Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School, Malaysia. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, di antaranya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, manager kindergarten, dan homeroom teacher. Adapun sumber data sekundernya yaitu referensi baik buku dan jurnal yang terkait dengan metode Montessori..dan kemandirian anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School, Malaysia, sudah dilakukan dengan baik dari mulai perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Lingkungan sangat berperan dalam membentuk karakter mandiri anak. Hasil dari implementasi metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri anak dapat dilihat dari kemampuan anak melayani diri sendiri. Kata Kunci: Metode Montessori, Pembentukan Karakter Kemandirian, Anak Usia Dinien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Montessorien_US
dc.subjectPembentukan Karakter Kemandirian, Anak Usia Dinien_US
dc.titleImplementasi Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysiaen_US
dc.Identifier.NIM16422138


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record