Hubungan Produktifitas Kelompok Tutorial Problem Based Learning (Pbl) Dengan Capaian Nilai Blok Organ Indera (1.3) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Produktifitas kelompok tutorial (PBL) adalah kualitas
pembelajaran dikelompok tutorial yang dipengaruhi oleh faktor kognitif dan
motivasi. Faktor kognitif terbagi menjadi elaborasi dan interaksi, sedangkan
motivasi terdiri atas kohesi dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara produktifitas kelompok tutorial (PBL) dengan capaian nilai Blok
Organ Indera 1.3 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan
pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total
sampling. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti
semua proses pembelajaran dan ujian akhir Blok Organ Indera (1.3). Kriteria
eksklusi adalah mahasiswa yang tidak mengisi kuesioner dan kehadiran tutorial
Blok Organ Indera 1.3 <75%. Total subyek penelitian 137 mahasiswa (97
perempuan dan 40 laki-laki). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner
Tutorial Group Effectiveness Instruments (TGEI) dan nilai Blok Organ Indera (1.3).
Data kemudian dianalisis menggunakan uji statistik rank spearman.
Hasil: Hasil analisis data menggunakan uji statistik rank spearman. didapat nilai
p=0.029<0.05 antara motivasi dengan capaian nilai Blok Organ Indera 1.3 dan nilai
p=0,037<0.05 antara produktifitas kelompok tutorial dengan capaian nilai Blok
Organ Indera 1.3.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara
motivasi dan produktifitas kelompok tutorial dengan capaian nilai Blok Organ
Indera 1.3.
Collections
- Medical Education [2286]