Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Umatul Khoiriyah, M. Med. Ed, PhD
dc.contributor.authorNurkhazanah, Feras Zohrah
dc.date.accessioned2021-07-23T21:21:59Z
dc.date.available2021-07-23T21:21:59Z
dc.date.issued2020-07-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30773
dc.description.abstractProduktifitas kelompok tutorial (PBL) adalah kualitas pembelajaran dikelompok tutorial yang dipengaruhi oleh faktor kognitif dan motivasi. Faktor kognitif terbagi menjadi elaborasi dan interaksi, sedangkan motivasi terdiri atas kohesi dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara produktifitas kelompok tutorial (PBL) dengan capaian nilai Blok Organ Indera 1.3 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti semua proses pembelajaran dan ujian akhir Blok Organ Indera (1.3). Kriteria eksklusi adalah mahasiswa yang tidak mengisi kuesioner dan kehadiran tutorial Blok Organ Indera 1.3 <75%. Total subyek penelitian 137 mahasiswa (97 perempuan dan 40 laki-laki). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Tutorial Group Effectiveness Instruments (TGEI) dan nilai Blok Organ Indera (1.3). Data kemudian dianalisis menggunakan uji statistik rank spearman. Hasil: Hasil analisis data menggunakan uji statistik rank spearman. didapat nilai p=0.029<0.05 antara motivasi dengan capaian nilai Blok Organ Indera 1.3 dan nilai p=0,037<0.05 antara produktifitas kelompok tutorial dengan capaian nilai Blok Organ Indera 1.3. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dan produktifitas kelompok tutorial dengan capaian nilai Blok Organ Indera 1.3.en_US
dc.publisherUIIen_US
dc.subjectProduktifitas Kelompok Tutorial dan Nilai Bloken_US
dc.subjectKognitifen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.titleHubungan Produktifitas Kelompok Tutorial Problem Based Learning (Pbl) Dengan Capaian Nilai Blok Organ Indera (1.3) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM15711184


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record