Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, dan Tunneling Incentive terhadap Transfer Pricing Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI Tahun 2015-2019)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, dan tunneling incentive terhadap transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan hasil sampel sebanyak 12 perusahaan. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berupa annual report tahun 2015-2019. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive berpengaruh positif terhadap transfer pricing.
Kata kunci: transfer pricing, pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, dan tunneling incentive
Collections
- Akuntansi [4399]