Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti
dc.contributor.author16321038 Sherlynda Dwi Setyawati
dc.date.accessioned2021-07-15T07:18:47Z
dc.date.available2021-07-15T07:18:47Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30593
dc.description.abstractSherlynda Dwi Setyawati. 16321038. Pengaruh Promosi Di Instagram, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Followers Instagram Bakpia Tugu Jogja. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2020. Selain kota pelajar, Yogyakarta merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai kota wisata, Yogyakarta memiliki oleh-oleh khas yaitu bakpia. Dengan berkembangnya zaman bakpia mengalami berbagai macam inovasi dari rasa hingga cara pembuatannya. Pada tahun 2017, bakpia kukus hadir pertama kali di kota Yogjakarta dengan merek bakpia kukus tugu. Menariknya, kurang lebih dibangun selama 2 tahun bakpia kukus tugu jogja mampu membuka 6 outlet dan 27 mitra bisnis. Hal ini menjadi menarik ketika bakpia kukus tugu jogja hanya mempromosikan produknya melalui Instagram namun produknya mampu terkenal dikalangan pariwisatawan. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelasakan pengaruh yang ditimbulkan dari promosi di Instagram, brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian oleh followers bakpia tugu jogja. Penelitian ini masuk dalam penelitian eksplanasi kuantitatif dengan jumlah sempel 100 orang responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling berupa purposive sampling yang dimana sampel yang diambil harus sesuai dengan ciri-ciri yang ditetapkan yaitu followers bakpia tugu jogja yang sudah pernah membeli produk bakpia tugu joga atau mengkonsumsi bakpia tugu jogja. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t dan uji f. Hasil uji dan analisis yang diperoleh akan digunakan untuk menguji teori yang digunakan yang menjelaskan bahwa promosi di Instagram, brand image dan kualitas produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sikap konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk. Dalam penelitian ini teori yang relevan digunakan yaitu teori promosi, teori brand image menurut Kotler dan Keller, teori kualitas produk menurut Kotler dan teori AISAS dalam menentukan keputusan pembelian. Dari teori tersebut dapat disimpulkan bahwa kekuatan promosi melalui media sosial, serta kuatnya brand image dan di dukung dengan kualitas produk yang bagus dapat meningkatkan keputusan pembelian serta mampu bersaing dengan kompetitor produk lainnya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independent berpengaruh secara persial maupun stimultan dengan nilai positif dan signifikan terhadap varibel dependen. Secara persial pengaruh promosi di Instagram sebesar 37,5%, sementara pengaruh yang ditimbulkan dari variabel brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 31,8%, serta hasil yang didapat dari pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 30,5%. Sedangkan secara stimultasn dapat diketahui bahwa hasil yang didapat melalui 𝐅𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 sebesar 36.890 dan nilai probabilitas 0,000 yang memiliki pengaruh sebesar 53,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPromosi di Instagramen_US
dc.subjectBrand Imageen_US
dc.subjectKualitas Produken_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectBakpia Kukus Tugu Jogjaen_US
dc.titlePengaruh Promosi Instagram, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Followers Instagram Bakpia Tugu Jogjaen_US
dc.Identifier.NIM16321038


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record