Hubungan Antara Sifat Gemar Melakukan Perbandingan Sosial Dan Perilaku Membandingkan Diri Pada Pengguna Media Sosial TikTok
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perbandingan sosial sebagai
konstruk individual dengan tendensi melakukan perbandingan sosial di media
sosial. Media sosial yang digunakan pada penelitian ini adalah TikTok sebagai
platform baru yang saat ini sedang mendunia. Partisipan dalam penelitian ini
adalah 44 orang pengguna aktif TikTok di Indonesia (Musia= 20.07, SDusia=2.32;
90.9% perempuan; 9.1% laki-laki) yang diukur menggunakan kuesioner selfreport.
Kami
menggunakan
dua
skala
untuk
mengukur
karakteristik
perbandingan
sosial
dan motif melakukan perbandingan sosial ketika menggunakan TikTok.
Pada penelitian ini, kami akan menganalisis konten pada video yang diunggah di
TikTok menggunakan inter-rater reliability, namun demkian hasil dari analisis
tersebut kurang memuaskan. Oleh karenanya, pada penelitian ini kami hanya
fokus menganalisis data self-report partisipan. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat hubungan yang positif antara perbandingan sosial sebagai konstruk
individual dan tendensi melakukan perbandingan sosial ketika mengunggah video
di TikTok. Implikasi pada penelitian ini mendukung pernyataan bahwa
karakteristik individual direpresentasikan oleh konten media sosial mereka.
Collections
- Psychology [2173]