Show simple item record

dc.contributor.advisorJaka Nugraha, Dr.
dc.contributor.author16611067 Nurlia
dc.date.accessioned2021-07-13T07:40:03Z
dc.date.available2021-07-13T07:40:03Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30450
dc.description.abstractPenggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai arahan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi adalah sistem perkuliahan online learning atau proses pembelajaran dalam jaringan (daring /e-learning). Persepsi merupakan suatu proses yang di mulai dari penggunaan panca indera dalam menerima stimulus, kemudian diorganisasikan dan diinterprestasikan sehingga memiliki pemahaman tentang apa yang diindera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara metode pembelajaran dengan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dilihat dari dari 8 aspek yaitu kualitas konten, keselarasan dengan tujuan pembelajaran, umpan balik dan adaptasi, motivasi, desain presentasi, interaksi usabilitas, aksessabilitas dan rausabilitas. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa aktif dengaan jumlah responden sebanyak 123. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah satistik deskriptif dan tabel tabulasi silang (Crosstabs). Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring termaksud dalam kategori baik sebesar 93.3%, terdiri dari 8 aspek. Yaitu: aspek kualitas konten. dari hasil pertanyaan yang memiliki nilai lebih dari 76%, keselarasannya dengan tujuan pembelajaran tanggapan baik dengan nilai diatas 80%, aspek umpan balik dan adaptasi hasil tanggapan mahasiswa aspek ini memiliki nilai diatas 76%, aspek motivasi memiliki nilai tanggapan diatas 76%, aspek desain persentasi diatas 80% yang merupakan tanggapan yang baik. Aspek usabilitas interaksi memiliki tanggapan baik diatas 80%. Aspek aksessabilitas tanggapan ditas 76%. Aspek reusabiltas salah satu perangkat lunak dan keras juga kemampuan dalam berteknologi yang mendukung dalam proses belajar mengajar memberikan tanggapan yang baik dengan hasil tanggapan diatas 76%. Untuk hubungan metode pembelajaran dengan persepsi mahasiswa dari 8 aspek diketahui tidak semua pertanyaan memiliki hubungan yang bermakna namun terdapat tiga pernyataan yang memiliki hubungan yang bermakna yaitu pernyataan ke- 10, 14 dan 19. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, Crosstabs, Metode Pembelajaran, Hubunganen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectCrosstabsen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectHubunganen_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daringen_US
dc.Identifier.NIM16611067


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record