Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring
Abstract
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai arahan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi adalah sistem perkuliahan online learning atau proses pembelajaran dalam jaringan (daring /e-learning). Persepsi merupakan suatu proses yang di mulai dari penggunaan panca indera dalam menerima stimulus, kemudian diorganisasikan dan diinterprestasikan sehingga memiliki pemahaman tentang apa yang diindera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara metode pembelajaran dengan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dilihat dari dari 8 aspek yaitu kualitas konten, keselarasan dengan tujuan pembelajaran, umpan balik dan adaptasi, motivasi, desain presentasi, interaksi usabilitas, aksessabilitas dan rausabilitas. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa aktif dengaan jumlah responden sebanyak 123. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah satistik deskriptif dan tabel tabulasi silang (Crosstabs). Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring termaksud dalam kategori baik sebesar 93.3%, terdiri dari 8 aspek. Yaitu: aspek kualitas konten. dari hasil pertanyaan yang memiliki nilai lebih dari 76%, keselarasannya dengan tujuan pembelajaran tanggapan baik dengan nilai diatas 80%, aspek umpan balik dan adaptasi hasil tanggapan mahasiswa aspek ini memiliki nilai diatas 76%, aspek motivasi memiliki nilai tanggapan diatas 76%, aspek desain persentasi diatas 80% yang merupakan tanggapan yang baik. Aspek usabilitas interaksi memiliki tanggapan baik diatas 80%. Aspek aksessabilitas tanggapan ditas 76%. Aspek reusabiltas salah satu perangkat lunak dan keras juga kemampuan dalam berteknologi yang mendukung dalam proses belajar mengajar memberikan tanggapan yang baik dengan hasil tanggapan diatas 76%. Untuk hubungan metode pembelajaran dengan persepsi mahasiswa dari 8 aspek diketahui tidak semua pertanyaan memiliki hubungan yang bermakna namun terdapat tiga pernyataan yang memiliki hubungan yang bermakna yaitu pernyataan ke- 10, 14 dan 19.
Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, Crosstabs, Metode Pembelajaran, Hubungan
Collections
- Statistics [904]