Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Subhan Afifi, M.Si
dc.contributor.authorMAULIDINA ATIKAH RACHMAWATI
dc.date.accessioned2021-07-08T06:13:27Z
dc.date.available2021-07-08T06:13:27Z
dc.date.issued2021-02-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30300
dc.description.abstractTingkat persaingan stasiun radio di kota-kota besar dewasa ini cukup tinggi dalam hal merebut perhatian audience. Bagi para lembaga stasiun penyiaran radio, untuk mempertahankan eksistensinya di era media baru harus dapat beradaptasi dengan teknologi modern dan saling bersaing dengan stasiun radio lainnya dalam menarik audience dengan meluaskan jangkauan siaran radio yang dapat diakses secara dengan streaming online, live, dan podcast. Hal tersebut mengharuskan perusahaan radio siaran menyusun strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang tepat dan terperinci dalam mengembangkan usahanya untuk memasarkan produk atau program program yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu Radio Swaragama FM dalam menarik minat pendengar Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu Radio Swaragama FM dalam menarik minat pendengar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa radio Swaragama FM dalam menarik pendengar Yogyakarta yaitu dengan mengacu pada konsep strategi STP (Segmentasi pasar, target pasar, dan positioning) dengan melakukan marketing mix dimana hal itu diklasifikasikan menjadi kelompok yang luas yang disebut 4P dalam pemasaran yakni produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion) serta menjalankan bauran promosi (promotion mix) diantaranya (advertising) dengan melibatkan saluran radio Jogja Family 100.9 FM, radio PBS 104.8 FM kota Serang, melakukan periklanan di berbagai event, seminar, panggung hiburan, sponsorship, serta melakukan aktivitas melalui beberapa website, (direct marketing) dengan mengirim katalog program serta tarif iklan (rate card) kepada pemasang iklan atau calon pemasang iklan melalui email atau media sosial seperti instagram dan whatsapp, (sales promotion) dengan memberikan potongan harga, undian berhadiah, kontes, dan hadiah dari kuis, (personal selling) dengan menjalankan proses Contact, Appointment, Proposal, dan Order, (public relations) dengan menjalin kerjasama dengan beberapa media massa, melalui branding STC & SPRO!, kampus-kampus di Yogyakarta, serta event-event off air di Yogyakarta, serta (interactive marketing) dengan membangun saluran informasi dengan memanfaatkan media internet seperti website swaragamafm.com, facebook, twitter dan instagram.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaran Terpaduen_US
dc.subjectRadioen_US
dc.subjectMinat Pendengaren_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Radio Swaragama Fm Dalam Menarik Minat Pendengar Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM17321065


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record