Faktor Pendorong Dan Penghambat Program Pengembangan Diri Dalam Pembentukan Karakter Siswa Dan Solusinya Di MTS N 6 Sleman
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, khususnya mengenai
pendidikan karakter. Adanya perkembangan juga mempengaruhi sistem
pendidikan yang harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada,
maka dari itu sekolah harus mempunyai inovasi dalam pengembangan
karakter siswa, dengan cara mewadahi program pengembangan diri siswa.
Peneliti ini bertujuan untuk 1. Mengetahui Faktor pendorong dalam program
pengembangan diri siswa di MTs N 6 Sleman. 2. Mengetahui faktor
penghambat dalam program pengembangan diri siswa di MTs N 6 Sleman. 3.
Mengetahui solusi dari faktor penghambat program pengembangan diri siswa
di MTs N 6 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian
ini adalah waka kesiswaan dan waka kurikulum MTs N 6 Sleman. Objek
penelitian ini berupa faktor pendorong dan penghambat program
pengembangan diri dalam pembentukan karakter siswa. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat
alas an seorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor pendorong dalam
pengembangan diri siswa meliputi; Antusias dan semangat peserta didik,
kerjasama dan kekompakan semua pihak, dukungan orang tua, komunikasi
yang baik, serta sarana prasarana yang mendukung. Faktor penghambatnya
yaitu kurangnya kedisplinan siswa, latar belakang keluarga, faktor
pertemanan. Adapun hasil dari program pengembangan diri siswa ini sudah
terbukti berhasil, hal itu bisa dilihat dari beberapa indicator yang sudah
tercapai, seperti program pengembangan diri ini sudah menumbuhkan
semangat peserta didik tidak dalam bidang pendidikan non formal.
Collections
- Islamic Education [862]