Perancangan Sekolah Dasar Negeri Berbasis Pola dengan Pendekatan Biofilik di Kutai Kartanegara
Abstract
Pindahnya ibu kota baru karena masalah
lingkungan dan keadaan yang sudah tidak
kondusif dan pola kehidupan yang tidak
sehat. Karena isu ini pemerintah memulai
banyak perancangan ibu kota yang baru.
dalam prosese pemenidahannya akan banyak penduduk yang
akan pindah
ke
ibukota
negara baru. Agar tidak mengulang pola
kesalah yang sama pembangunan
memperhatikan aspek alam dan
keterhubungan
manusia dan alam.
Sekolah dasar
negeri
sebagai fasilitas edukasi menjadi sara
yang penting untuk merubah pola ini,
dimana kepedulian dan kebiasaan akan
hidup diantara alam dapat diciptaakan dari
awal perkembangan. Perancangan berbasis pola dipilih untuk mempelajari
kesalahan berulang yang
menghasilkan hal yang
sama. Dalam perancangan
sekolah dasar
negeri peracangan berbasi pola
menganalisa
pendekatan cara pembelajaran anak
dan pola biophilic.
Kedua
pendekatan
pola ini dipilih untuk
merespon
konteks
kawasan dan
pengguna yaitu
peserta
didik. Metode dan
pendekatan ini
digunakan untuk merancang
fasisilitas yang
dapat merubah
kebiasaan belajar menjadi
lebih baik dan
lingkungan yang terjaga.
lingkungan yang terjaga ini dimulai dengan
merancangan bangunan yang membuat
manusia dekat akan lingkungan dan belajar
mengenai sistem alami.
Collections
- Architecture [3648]