Show simple item record

dc.contributor.advisorHerman Felani, S.S.,M.A
dc.contributor.authorORCHITA SHAFIRA
dc.date.accessioned2021-07-07T08:35:20Z
dc.date.available2021-07-07T08:35:20Z
dc.date.issued2021-01-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30226
dc.description.abstractAspek psikologi dalam komunikasi tidak hanya bisa diamati melalui interaksi langsung antar individu, melainkan juga melalui interaksi yang ada pada media. Salah satu media yang usianya masih muda, namun sangat populer adalah media film. Dari berbagai macam jenis dan genre film, salah satunya bernama biopic (biography picture) film. Pada tahun 2018 telah terbit biopic film tentang band rock Queen dengan judul “Bohemian Rhapsody”.Penelitian ini berupaya menganalisis bagaimana minat Generasi y dalam mengambil keputusan untuk menonton film “Bohemian Rhapsody”. Generasi Y dipilih menjadi subjek riset karena dapat dikatakan Generasi Y merupakan generasi yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan era kejayaan band rock Queen. Variabel bebas atau variabel X pada penelitian ini adalah minat Generasi Y, sedangkan variabel terikat atau variabel Y pada penelitian ini adalah keputusan menonton film Bohemian Rhapsody. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling. Sampel yang akan diambil adalah 100 orang Gemerasi Y yang telah menyaksikan film Bohemian Rhapsody dan bersedia menjadi responden untuk mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat Generasi Y terhadap keputusan menonton film Bohemian Rhapsody terbilang tinggi. Aspek terpenting dari munculnya minat Gen Y terhadap keputusan menonton film Bohemian Rhapsody karena film band Queen menemani masa perkembangan dan pertumbuhan Gen Y. Musik (terkhusus band Queen) telah menjadi salah satu medium bagi Gen Y dalam mengekspresikan diri, merefleksikan kehidupan, hingga memotivasi meraih mimpi. Dengan mengambil keputusan untuk menonton film Bohemian Rhapsody, secara personal, Gen Y merasa dapat mengembalikan memori kejayaan band Queen, hingga menghadirkan nuansa nostalgia terhadap momen-momen yang telah dilalui. Sementara secara general, film Bohemian Rhapsody sebagai salah satu film biopic telah berhasil menjadi medium representasi momen-momen bersejarah dan berharga band Queen secara baik, sehingga dapat menarik minat para Gen Y untuk mengambil keputusan menonton film Bohemian Rhapsody.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectfilm bohemian rhapsodyen_US
dc.subjectgenerasi yen_US
dc.subjectminaten_US
dc.subjectpengambilan keputusanen_US
dc.titleMinat Generasi Y Terhadap Keputusan Menonton Film “Bohemian Rhapsody”en_US
dc.Identifier.NIM16321001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record