Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah dalam Menggunakan BNI Mobile
Abstract
Perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, yang luar biasa pesatnya banyak mengubah kehidupan manusia. Perubahan pola komunikasi dan interaksi ikut mendorong banyak perubahan pada pola bisnis. Perkembangan bisnis digital juga disikapi oleh industri perbankan dengan memasukkan inisiatif digital sebagai bagian dari strategi perusahaan. Salah satunya adalah layanan pelanggan berbasis smartphone yang dikenal dengan layanan mobile banking.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) terhadap niat untuk menggunakan layanan BNI Mobile sebagai bentuk layanan mobile banking yang diluncurkan oleh PT. Bank BNI (Persero) Tbk. Analisis datanya menggunakan Structural Equation Model (SEM) terhadap 261 data responden dari BNI Kantor Cabang Purworejo. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa (1) fitur dan kredibilitas berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan, (2) hanya kredibilitas yang berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, (3) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, (4) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan, sementara persepsi kegunaan tidak berpengaruh, (5) sikap penggunaan berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan, dan (6) niat untuk menggunakan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan nyata layanan BNI Mobile.
Collections
- Master of Management [406]