Sistem Kepuasan Pelanggan Yang Menggunakan Apps Dan Web Untuk Statistik Rumah Sakit (Studi Kasus di RS UII)
Abstract
epuasan pelanggan merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan
kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi dan suatu pelayanan dapat dinilai memuaskan bila
pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pengukuran untuk
kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih
baik, lebih efisien dan lebih efektif. Rumah sakit ialah sarana pelayanan kesehehatan yang
dapat menyelesaikan masalah tentang kesehatannya pada rumah sakit dan harapan pasien
pada rumah sakit agar dapat mewujudkan kepuasan pasien pihak rumah sakit juga
menggunakan harapan dan kebutuhan pasien sebagai patokan selama pemberian pelayanan
pada rumah sakit.
Berdasarkan temuan-temuan yang didapatkan diperlukan sistem yang membantu pasien
dalam mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit, maka dibuatlah sistem tingkat
kepuasan pelanggan yang menggunakan apps dan web yang ditujukan untuk rumah sakit.
Rumah sakit terkadang mengalami kesalahan dari tindakan petugas rumah sakit terhadap
pasien yang sudah dilakukan pelayanan, maka dari itu perlu diberikan aplikasi yang sudah
berstandar yang menghindari dari kurangnya pelayanan kesehatan untuk pasien.
Pada sistem WEB tersebut juga dapat diperoleh laporan setiap bulan, tahun dan perhari
berupa laporan statistik, yang dapat dilihat oleh pihak rumah sakit dan membantu pihak
rumah sakit untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan pelayanan terhadap pasien di
rumah sakit sedangkan pada sistem apikasi memudahkan pasien untuk mengisi kuisioner agar
tidak secara manual yang menggunakan media kertas. Metode penelitian yang diawali dengan
pengumpulan data tentang kepuasan pelanggan dengan cara mengumpulkan informasi yang
sudah ada pada rumah sakit UII dan melakukan observasi ke rumah sakit UII untuk
mengetahui berjalannya sistem yang telah digunakan sebelumya. Kemudian melakukan
analasis kebutuhan sistem yaitu analisis kebutuhan input, analisis kebutuhan proses dan
analisis kebutuhan output. Lalu dilanjutkan dengan perancangan sistem kemudian
perancangan antarmuka dan diakhiri dengan pengujian sistem.
Sehingga dari pengujian yang dilakukan langsung ke perawat dan kepasien yang
mendapatkan beberapa respon dan dilakukan perhitungan dengan metode skala likert dapat
ditarik kesimpulan pengujian usabilitas sistem apliksi dan web pada kepuasan pelanggan
yang berada di RS UII berada pada kategori Baik. Dari pengujian yang dilakukan di rumah sakit UII melalui kuisioner yang mengumpulkan
beberapa jawaban dari responden mendapatkan kesimpulan bahwa tampilan menu web dan
tampilan menu aplikasi dapat dipahami dan sistem tersebut juga memudahkan pasien untuk
menjawab kuisioner kepuasan pelanggan dan memudahkan petugas agar tidak mengeluarkan
banyak kertas. Maka sistem ini baik jika dapat digunakan pihak rumah sakit uii.
Collections
- Informatics Engineering [2189]