Show simple item record

dc.contributor.advisorIzzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D.
dc.contributor.authorEka Febriyanti
dc.date.accessioned2021-07-03T06:08:39Z
dc.date.available2021-07-03T06:08:39Z
dc.date.issued2021-01-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29970
dc.description.abstractepuasan pelanggan merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi dan suatu pelayanan dapat dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pengukuran untuk kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Rumah sakit ialah sarana pelayanan kesehehatan yang dapat menyelesaikan masalah tentang kesehatannya pada rumah sakit dan harapan pasien pada rumah sakit agar dapat mewujudkan kepuasan pasien pihak rumah sakit juga menggunakan harapan dan kebutuhan pasien sebagai patokan selama pemberian pelayanan pada rumah sakit. Berdasarkan temuan-temuan yang didapatkan diperlukan sistem yang membantu pasien dalam mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit, maka dibuatlah sistem tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan apps dan web yang ditujukan untuk rumah sakit. Rumah sakit terkadang mengalami kesalahan dari tindakan petugas rumah sakit terhadap pasien yang sudah dilakukan pelayanan, maka dari itu perlu diberikan aplikasi yang sudah berstandar yang menghindari dari kurangnya pelayanan kesehatan untuk pasien. Pada sistem WEB tersebut juga dapat diperoleh laporan setiap bulan, tahun dan perhari berupa laporan statistik, yang dapat dilihat oleh pihak rumah sakit dan membantu pihak rumah sakit untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan pelayanan terhadap pasien di rumah sakit sedangkan pada sistem apikasi memudahkan pasien untuk mengisi kuisioner agar tidak secara manual yang menggunakan media kertas. Metode penelitian yang diawali dengan pengumpulan data tentang kepuasan pelanggan dengan cara mengumpulkan informasi yang sudah ada pada rumah sakit UII dan melakukan observasi ke rumah sakit UII untuk mengetahui berjalannya sistem yang telah digunakan sebelumya. Kemudian melakukan analasis kebutuhan sistem yaitu analisis kebutuhan input, analisis kebutuhan proses dan analisis kebutuhan output. Lalu dilanjutkan dengan perancangan sistem kemudian perancangan antarmuka dan diakhiri dengan pengujian sistem. Sehingga dari pengujian yang dilakukan langsung ke perawat dan kepasien yang mendapatkan beberapa respon dan dilakukan perhitungan dengan metode skala likert dapat ditarik kesimpulan pengujian usabilitas sistem apliksi dan web pada kepuasan pelanggan yang berada di RS UII berada pada kategori Baik. Dari pengujian yang dilakukan di rumah sakit UII melalui kuisioner yang mengumpulkan beberapa jawaban dari responden mendapatkan kesimpulan bahwa tampilan menu web dan tampilan menu aplikasi dapat dipahami dan sistem tersebut juga memudahkan pasien untuk menjawab kuisioner kepuasan pelanggan dan memudahkan petugas agar tidak mengeluarkan banyak kertas. Maka sistem ini baik jika dapat digunakan pihak rumah sakit uii.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPasienen_US
dc.subjectappsen_US
dc.subjectweben_US
dc.titleSistem Kepuasan Pelanggan Yang Menggunakan Apps Dan Web Untuk Statistik Rumah Sakit (Studi Kasus di RS UII)en_US
dc.Identifier.NIM15523086


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record