Pelatihan Perencanaan Karier Dalam Meningkatkan Kematangan Karir Pada Siswa Smk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pelatihan perencanaan karir dalam meningkatkan kematangan karir pada siswa SMK. Siswa yang digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kematangan karir yang rendah dan sedang berdasarkan skala inventory kematangan karir. Partisipan dalam penelitian ini adalah 36 siswa SMKN I Depok kelas XII yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengukuran kematangan karir menggunakan skala inventory kematangan karir (Crites & Savickas, 1995), dilakukan pada saat 3 hari sebelum pelatihan dan 3 hari setelah pelatihan. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen, dengan rancangan pre-test post-test. Hasil analisis data menggunakan t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mendapatkan pelatihan perencanaan karir dengan kelompok yang tidak diberikan pelatihan perencanaan karir (t= 14.537, p < 0,001).
Collections
- Master of Psychology [341]