Show simple item record

dc.contributor.advisorAden Wijdan SZ
dc.contributor.author16422111 Dyfa Dwiputra Setiawan
dc.date.accessioned2021-06-30T04:36:38Z
dc.date.available2021-06-30T04:36:38Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29800
dc.description.abstractDalam proses pembelajaran motivasi belajar mempunyai peranan penting didalamnya, dan aspek-aspek yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya motivasi belajar diantaranya mindset serta latar belakang peserta didik. Diperoleh data bahwa mindset serta latar belakang pendidikan orang tua tidak terlalu mempengaruhi motivasi belajar siswa secara signifikan dikarenakan aspek-aspek yang lain yang peneliti tidak menelitinya salah satunya aspek lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindset dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMA IT ADZKIA Sukabumi. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan kuantitatif. Peneliti mencari data-data dan menyajikan hasil data di lapangan yang berupa angka-angka dengan menggunakan angket, dokumen pribadi maupun dokumen resmi lainya. Subjeknya yaitu seluruh peserta didik kelas XII di SMA IT ADZKIA Sukabumi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa datadata. Uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Teknik Analisa menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pengaruh variabel independent X1 terhadap variabel dependent Y atau besaran pengaruh variabel mindset terhadap variabel motivasi belajar sebesar 8,4%. Untuk pengaruh variabel independent X2 terhadap variabel dependent Y atau besaran pengaruh variabel latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 4,1%. Untuk perolehan nilai pengaruh mindset serta latar belakang pendidikan orang tua secara bersamaan terhadap motivasi belajar di peroleh data sebesar 12,6% sedangkan sisanya 87,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak menelitinya. Dengan demikian mindset serta latar belakang pendidikan orang tua tidak terlalu mempengaruhi motivasi belajar secara signifikan dikarenakan mindset serta latar belakang pendidikan orang tua bukanlah satu-satunya factor dalam motivasi belajar siswa. Factor lain bisa berupa eksternal lingkungan siswa maupun internal yang terdapat dalam individu siswa itu sendiri .en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmindseten_US
dc.subjectlatar belakang pendidikan orang tuaen_US
dc.subjectmotivasi pendidikanen_US
dc.titlePengaruh Mindset Pendidikan di Era Disrupsi dan Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Adzkia Sukabumien_US
dc.Identifier.NIM16422111


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record