Pengaruh Mindset Pendidikan di Era Disrupsi dan Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Adzkia Sukabumi
Abstract
Dalam proses pembelajaran motivasi belajar mempunyai peranan penting
didalamnya, dan aspek-aspek yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya motivasi belajar
diantaranya mindset serta latar belakang peserta didik. Diperoleh data bahwa mindset serta
latar belakang pendidikan orang tua tidak terlalu mempengaruhi motivasi belajar siswa
secara signifikan dikarenakan aspek-aspek yang lain yang peneliti tidak menelitinya salah
satunya aspek lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh mindset dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa
di SMA IT ADZKIA Sukabumi.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan kuantitatif. Peneliti mencari data-data dan
menyajikan hasil data di lapangan yang berupa angka-angka dengan menggunakan angket,
dokumen pribadi maupun dokumen resmi lainya. Subjeknya yaitu seluruh peserta didik kelas
XII di SMA IT ADZKIA Sukabumi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik
random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa datadata.
Uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Teknik
Analisa menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pengaruh variabel independent X1
terhadap variabel dependent Y atau besaran pengaruh variabel mindset terhadap variabel
motivasi belajar sebesar 8,4%. Untuk pengaruh variabel independent X2 terhadap variabel
dependent Y atau besaran pengaruh variabel latar belakang pendidikan orang tua terhadap
motivasi belajar sebesar 4,1%. Untuk perolehan nilai pengaruh mindset serta latar belakang
pendidikan orang tua secara bersamaan terhadap motivasi belajar di peroleh data sebesar
12,6% sedangkan sisanya 87,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak
menelitinya. Dengan demikian mindset serta latar belakang pendidikan orang tua tidak
terlalu mempengaruhi motivasi belajar secara signifikan dikarenakan mindset serta latar
belakang pendidikan orang tua bukanlah satu-satunya factor dalam motivasi belajar siswa.
Factor lain bisa berupa eksternal lingkungan siswa maupun internal yang terdapat dalam
individu siswa itu sendiri .
Collections
- Islamic Education [864]