Pengaruh Bauran Pemasaran, Karakteristik Pemasaran Syariah, dan Citra Perusahaan terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Bumbu Desa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis : (1)
pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen di Restoran
Bumbu Desa Yogyakarta. (2) pengaruh karakteristik pemasaran syariah
terhadap minat beli konsumen di Restoran Bumbu Desa Yogyakarta dan
(3) pengaruh citra perusahaan terhadap minat beli konsumen di Restoran
Bumbu Desa Yogyakarta.(4)pengaruh secara bersama-sama bauran
pemasaran, karakteristik pemasaran syariah dan citra perusahaan terhadap
minat beli konsumen di Restoran Bumbu Desa Yogyakarta. Dalam
penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan
yaitu data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden
yang sesuai dengan kriteria. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah konsumen atau pelanggan dari Restoran Bumbu Desa Yogyakarta.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non
probability sampling dengan kriteria responden sesuai jenis kelamin, usia,
pendapatan konsumen dan menjadi konsumen atau pelanggan dari
Restoran Bumbu Desa Yogyakarta. Teknik analisis data dalam penelitian
ini yaitu analisis regresi linear berganda dimana sebelumnya dilakukan uji
validitas dan realibitas. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan
mendapat kesimpulan bahwa dari hasil uji t (parsial), bahwa variabel
bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
dengan nilai Sig sebesar 0.000 < 0,05 , variabel karakteristik pemasaran
syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai
Sig sebesar 0.041 < 0,05 dan variabel citra perusahaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai Sig sebesar 0.000 < 0,05.
Hasil uji f (simultan) dalam penelitian ini, bahwa bauran pemasaran,
karakteristik pemasaran syariah dan citra perusahaan berpengaruh positif
dan signifikan dengan nilai (0,000 < 0,05). Dalam penelitian ini hasil dari
koefisien determinasi (R2) dengan nilai 0.742 atau 74,2%.
Collections
- Islamic Economics [826]