Gamifikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Bahasa Arab Dengan Model Addie : Studi Kasus Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta
Abstract
PAUD Terpadu Mutiara merupakan pendidikan anak usia dini yang berada di
Yogyakarta, tepatnya di kawasan Manggisan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Dalam mewujudkan visi yang digagasnya, salah satu program yang dilakukan adalah dengan
membuat kegiatan sentra. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan BCCT (Beyond Centre
and Circle Time) guna mengoptimalkan potensi individu anak didik. Selain itu, materi
pembelajaran disampaikan secara tersentral sekaligus terintegrasi. Penelitian ini bertujuan
untuk memaksimalkan kelas sentra yang ada dengan memotivasi peserta didik dalam proses
belajar. Pembelajaran ini meliputi pengenalan huruf hijaiyah dan juga Bahasa Arab dasar
sehari-hari dengan konsep mekanika berbasis permainan, estetika, dan permainan berpikir yang
disebut gamifikasi.
Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan
dalam proses pengembangan gamifikasi pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab ini,
dimulai dari tahap analisis hingga tahap pengujian menggunakan metode Black Box Testing
untuk program yang dibuat. Hasil dari penelitian ini berupa gim “Mengenal Hijaiyah” yang
digunakan sebagai alat bantu ajar pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab. Gim ini
memiliki 4 menu utama, yaitu menu belajar, yang berisi terkait pembelajaran huruf hijaiyah,
harakat dan juga iqra’. Menu kedua yaitu menu Bahasa Arab, yang berisi seputar kosakata
dasar berdasarkan tema lingkungan, profesi, dan juga ruang kelas. Menu ketiga yaitu menu
bernyanyi, yang berisi video dari lagu anak-anak islami. Menu keempat yaitu menu bermain,
menu ini berisi permainan memasukkan hijaiyah ke dalam toples.
Unsur-unsur gamifikasi yang diterapkan dalam gim “Mengenal Hijaiyah” berupa point,
score, level, leaderboard, reward, serta achievement. Dari hasil pengujiaan terhadap guru,
anak-anak PAUD dan juga orang tua, didapat bahwa gim ini termasuk dalam grade bernilai B
dengan adjective rating yang dikategorikan good dalam pengujian SUS (System Usability
Scale). Dengan demikian, gim “Mengenal Hijaiyah” dinilai dapat menjadi salah satu alat bantu
ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab dasar untuk
anak-anak PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta.
Collections
- Informatics Engineering [2148]