Show simple item record

dc.contributor.advisorSheila Nurul Huda, S.Kom., M.Cs.
dc.contributor.authorHaritsa Taqiyya Majid
dc.date.accessioned2021-06-24T09:41:30Z
dc.date.available2021-06-24T09:41:30Z
dc.date.issued2021-01-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29633
dc.description.abstractPAUD Terpadu Mutiara merupakan pendidikan anak usia dini yang berada di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Manggisan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Dalam mewujudkan visi yang digagasnya, salah satu program yang dilakukan adalah dengan membuat kegiatan sentra. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan BCCT (Beyond Centre and Circle Time) guna mengoptimalkan potensi individu anak didik. Selain itu, materi pembelajaran disampaikan secara tersentral sekaligus terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan kelas sentra yang ada dengan memotivasi peserta didik dalam proses belajar. Pembelajaran ini meliputi pengenalan huruf hijaiyah dan juga Bahasa Arab dasar sehari-hari dengan konsep mekanika berbasis permainan, estetika, dan permainan berpikir yang disebut gamifikasi. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan dalam proses pengembangan gamifikasi pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab ini, dimulai dari tahap analisis hingga tahap pengujian menggunakan metode Black Box Testing untuk program yang dibuat. Hasil dari penelitian ini berupa gim “Mengenal Hijaiyah” yang digunakan sebagai alat bantu ajar pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab. Gim ini memiliki 4 menu utama, yaitu menu belajar, yang berisi terkait pembelajaran huruf hijaiyah, harakat dan juga iqra’. Menu kedua yaitu menu Bahasa Arab, yang berisi seputar kosakata dasar berdasarkan tema lingkungan, profesi, dan juga ruang kelas. Menu ketiga yaitu menu bernyanyi, yang berisi video dari lagu anak-anak islami. Menu keempat yaitu menu bermain, menu ini berisi permainan memasukkan hijaiyah ke dalam toples. Unsur-unsur gamifikasi yang diterapkan dalam gim “Mengenal Hijaiyah” berupa point, score, level, leaderboard, reward, serta achievement. Dari hasil pengujiaan terhadap guru, anak-anak PAUD dan juga orang tua, didapat bahwa gim ini termasuk dalam grade bernilai B dengan adjective rating yang dikategorikan good dalam pengujian SUS (System Usability Scale). Dengan demikian, gim “Mengenal Hijaiyah” dinilai dapat menjadi salah satu alat bantu ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran huruf hijaiyah dan Bahasa Arab dasar untuk anak-anak PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPAUD,en_US
dc.subjectgamifikasien_US
dc.subjecthuruf hijaiyahen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.titleGamifikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Bahasa Arab Dengan Model Addie : Studi Kasus Paud Terpadu Mutiara Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16523222


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record