Perancangan dan Pembuatan Prototype Mybots pada Media Sosial Discord Serta Klasifikasi SVM (Studi Kasus: Penjualan Game pada Platform Steam)
Abstract
Teknologi terus berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman, berbagai teknologi diciptakan untuk membantu manusia meringankan pekerjaan manusia. Pembeli atau pemain masih terlalu sedikit mendapatkan informasi terkait game di platform Steam, padahal informasi merupakan salah satu hal penting di era globalisasi saat ini. Semua kegiatan membutuhkan informasi, sehingga dapat dikatakan bahwa semua kegiatan yang dilakukan dituntut untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi setiap pemain setia atau pembeli STEAM. Atas dasar permasalahan tersebut maka perlu dibuat suatu aplikasi yang lebih menarik dan interaktif yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan tanya jawab untuk mendapatkan informasi yaitu chatbot yang diimplementasikan di media sosial Discord. Kecerdasan Buatan adalah teknik yang memungkinkan mesin untuk berpikir dan dapat membuat keputusan sendiri. Prototipe chatbot Discord yang telah dibangun menyediakan berbagai layanan berdasarkan hasil pengujian klasifikasi menggunakan metode SVM dengan tiga kernel yaitu kernel Linear, Polynomial, dan RBF dengan data uji, prediksi nilai akurasi kategori SVM terbesar dengan kernel Linear, yang mana adalah 94% dan 6% kesalahan prediksi.
Collections
- Statistics [900]