Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta`Limul Muta`Allim Karya Imam Az-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Kurikulum 2013
Abstract
Pendidikan merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus
dimiliki setiap siswa, terlebih pendidikan karakter juga harus berakar pada jiwa
siswa, banyak siswa yang kurang memahami karakternya dan melanggar akhlak.
Realitas yang terjadi saat ini sangat menyedihkan. “Degradasi moral generasi
muda” seakan merupakan rangkaian kalimat yang cocok untuk menggambarkan
kondisi atau perilaku moral generasi milenial di era sekarang. Banyak anak
muda Indonesia yang berperilaku tidak normal, seperti perkelahian antar teman,
tidak menghormati orang tua, bahkan pembunuhan, pencurian, dan kejahatan
seksual.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat studi pustaka (library
research) Guna mendapatkan hasil penelitian yang valid maka diperlukan seleksi
sumber, baik sumber data primer maupun sumber data sekunder. Sumber data
primer penelitian ini kitab “Ta`limul Muta``alim” karya Imam Az-Zarnuji.
Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen kurikulum Kemendikbud 2013
(K-13) yang berkaitan dengan pendidikan karakter yang relevan.
Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta`limul Mutaàllim karya Imam
Az-Zarnuji yaitu niat dalam mencari ilmu, memilih ilmu, guru dan teman,
mengangungkan ilmu dan Ulama, kesungguhan, kontinuitas, dan semangat,
metode belajar, tawakkal, dan wara` saat belajar. Relevansi Pendidikan Karakter
dalam Kitab Ta`limul Muta`allim karya Imam Az-Zarnuji dengan Kurikulum
2013 yaitu menerima (memilih ilmu, guru dan teman), menjalankan
(kesungguhan, kontinuitas, dan semangat), menghargai (mengangungkan ilmu dan
Ulama), menghayati (metode belajar), dan mengamalkan (tawakkal dan wara` saat
belajar).
Collections
- Islamic Education [862]