Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Banking Pada Pengrajin Kain Flanel
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi manfaat,
sikap terhadap perilaku, kontrol perilaku, pengaruh sosial, dan keinovatifan
teknologi terhadap minat penggunaan mobile banking pada pengrajin kain flanel.
Objek pebelitian ini yaitu pengrajin kain flanel yang tersebar di beberapa wilayah
di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode accidental random sampling dan
mendistribusikan sebanyak 101 kuesioner. Kuesioner yang dapat dianalisis
sebanyak 87 kuesioner. Alat yang digunakan untuk meneliti adalah Microsoft
Excel dan IBM SPSS Statistics 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan kuat terhadap minat
penggunaan mobile banking, variabel sikap terhadap perilaku berpengaruh positif
signifikan lemah terhadap minat penggunaan mobile banking, variabel kontrol
perilaku berpengaruh positif signifikan moderat terhadap minat penggunaan
mobile banking, variabel pengaruh sosial berpengaruh signifikan lemah terhadap
minat penggunaan mobile banking, variabel keinovatifan teknologi berpengaruh
positif signifikan moderat terhadap minat penggunaan mobile banking.
Collections
- Akuntansi [4426]