Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorAsy Syifa Lailly Puteri Irmawan
dc.date.accessioned2021-06-21T09:02:08Z
dc.date.available2021-06-21T09:02:08Z
dc.date.issued2020-10-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29498
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran daring pada mata kuliah microteaching di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia tahun akademik 2019/2020. Pada akhir tahun 2019 seluruh belahan dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Hal ini tentu berdampak pada seluruh aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Dalam menanggapi keadaan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri pada mata kuliah microteaching yang identik dengan pembelajaran praktik secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran daring pada mata kuliah microteaching di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Informan penelitian terdiri dari empat, yaitu Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I), Dosen pengampu mata kuliah microteaching, dan Peserta microteaching tahun akademik 2019/2020. Metode analisis data yang digunakan adalah model dari Miles dan Huberman yang terdiri atas beberapa tahap, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam proses implementasi pembelajaran daring mata kuliah microteaching terdapat lima vi komponen penting, yaitu Pertama, Kebijakan pembelajaran daring yang dibuat dengan berbagai pertimbangan, salah satunya mengenai masa studi mahasiswa. Kedua, Persiapan pembelajaran daring yang dilakukan oleh pihak dosen pengampu dan peserta microteaching. Ketiga, Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan sesuai kebijaksanaan dosen dengan pertimbangan kondisi peserta microteaching. Keempat, Sistem evaluasi yang dilakukan dengan cara penilaian dosen dan penilaian antar teman. Kelima, Ketercapaian pembelajaran daring yang sudah cukup baik, hanya terkendala dalam proses internalisasi nilai keguruan. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran daring mata kuliah microteaching adalah adanya kesepakatan dosen untuk melakukan microteaching daring, dan adanya kesadaran adaptif dari dosen dan mahasiswa untuk menjalankan microteaching secara daring. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran daring mata kuliah microteaching adalah terbatasnya infrastruktur jaringan internet, terjadinya shock culture sehingga para pihak yang terlibat memerlukan waktu untuk melakukan adaptasi dengan keadaan baru, dan tidak dapat melakukan proses internalisasi nilai-nilai keguruan kepada peserta microteaching daring.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectDaringen_US
dc.subjectMicroteachingen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Microteaching Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Tahun Akademik 2019/2020en_US
dc.Identifier.NIM17422035


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record