Efektivitas Logbook Sebagai Media Pembelajaran Penulisan Resep Pada Blok Masalah Dewasa I (3.4)
Abstract
Latar Belakang: Penulisan resep merupakan salah satu kompetensi penting yang
diharapkan dari lulusan kedokteran. Hasil evaluasi saat ini kemampuan penulisan
resep masih perlu ditingkatkan. Perlu media pembelajaran penulisan resep yang
mendorong pembelajaran pada aplikasi praktek yaitu logbook penulisan resep
yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan penulisan resep lebih efektif.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui efektivitas logbook sebagai media
pembelajaran penulisan resep pada Blok Masalah Pada Dewasa I (3.4).
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain mixed methods dengan pendekatan sekuensial eksplanatori untuk menjelaskan
efektifitas logbook dalam pembelajaran penulisan resep. Efektifitas penggunaan
logbook dinilai dari nilai posttest kemampuan penulisan resep antara kelompok
yang mendapat logbook peresepan dibandingkan dengan kontrol. Lalu selanjutnya
dilakukan tematik analisis terhadap persepsi mahasiswa terkait penggunaan
logbook peresepan tersebut.
Hasil: Logbook efektif sebagai media pembelajaran penulisan resep pada Blok
Masalah Pada Dewasa I (3.4) berdasarkan rerata nilai posttest kelompok yang
mendapatkan logbook lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol (nilai p<0,05).
Hasil analisis tematik mengenai persepsi penggunaan logbook didapatkan
logbook memberikan efek positif dalam pembelajaran, meskipun terdapat kendala
dalam pengisian namun logbook dikembangkan lebih lanjut untuk pembelajaran
penulisan resep.
Kesimpulan: Logbook efektif sebagai media pembelajaran penulisan resep pada
Blok Masalah Pada Dewasa I (3.4).
Collections
- Medical Education [2279]