Optimasi Pengelasan Dissimilar Aluminium-Baja Dengan Metode Rotary Friction Welding dengan Variasi Kecepatan Rotasi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi
kecepatan dalam penyambungan material dissimilar dari pengelasan rotary friction
welding terhadap sifat fisik dan mekanik material. Penelitian ini menggunakan
aluminium dan baja dengan metode rotary friction welding. Hasil pengujian
komposisi untuk aluminium yang digunakan adalah jenis T-6061 dan baja adalah
jenis AISI 1012. Untuk pengamatan makro terlihat bahwa sambungan bajaaluminium
dapat
tersambung
dengan
baik.
Dan
di
pengamatan
mikro
dapat
dilihat
perbedaan
variasi
kecepatan
mempengaruhi
terbentuknya
zona
heat
affected
zone
pada
sambungan.
Variasi
1800
rpm
memiliki
zona
heat
affected
zone
yang
lebar
dibanding
variasi
lainnya.
Untuk
hasil
uji
tarik
didapatkan
variasi
kecepatan
1170
rpm
memiliki kekuatan tarik tertinggi sebesar 93,27 MPa dan nilai regangan
6,73%. Akan tetapi pada variasi 1800 rpm memiliki nilai regangan tertinggi yaitu
sebesar 8,4% dengan kekuatan tarik sebesar 79,37 MPa. Untuk hasil uji bending
didapatkan nilai kekuatan tertinggi pada variasi kecepatan 1170 rpm yaitu sebesar
23,91 MPa. Untuk pengujian kekerasan setiap spesimen uji mengalami
peningkatan kekerasan pada bagian sambungan, dan didapatkan nilai kekerasan
tertinggi terdapat pada variasi 1800 rpm yaitu sebesar 231,75 HVN pada bagian
sambungan. Untuk pengujian dye penetrant didapatkan bahwa material mengalami
cacat, tetapi jika dilihat dari pengamatan mikro dan makro material sambungan
tersambung dengan baik. Untuk pengujian korosi, material sambungan memiliki
ketahanan korosi yang bagus.
Collections
- Mechanical Engineering [555]