Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Terhadap Penggunaan Financial Technology Syariah Syarq Sebagai Platform Cicilan Online Syariah ( Pendekatan Tam Dan Tpb )
Abstract
Penelitian ini menganalisa faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap
pengguna layanan SyarQ sebagai platform cicilan online syariah yang menggunakan
integrasi teori TAM dan TPB. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang
mempengaruhi minat seseorang dalam menggunakan layanan SyarQ sebagai wadah
cicilan secara online berbasis syariah dengan pendekatan model teknologi TAM dan
TPB. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan eksploratif dengan menggunakan
pengujian hipotesis metode SEM untuk membuktikan pengaruh hipotesis pada
penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dalam
bentuk google form untuk disebarkan ke pengguna layanan SyarQ dan komunitasnya.
Sampel yang didapatkan sebanyak 100 responden dan dianalisis dengan aplikasi
Software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini bahwa minat dalam penggunaan layanan
SyarQ sebagai wadah cicilan online dengan akad syariah (Murabahah) dipengaruhi oleh
sikap atau perilaku memiliki pengaruh besar terhadap minat perilaku menggunakan
sebuah layanan teknologi.
Collections
- Islamic Economics [826]