Strategi Bersaing Generik Diferensiasi Dalam Penghimpunan Dana Zakat (Studi Pada Lazismu D.I.Y)
Abstract
Strategi diferensiasi adalah strategi memelihara loyalitas pelanggan dengan
memberikan nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Oleh karena itu,
organisasi yang berhasil melakukan strategi diferensiasi, maka organisasi tersebut
akan memiliki keunggulan bersaing. Strategi diferensiasi juga perlu dilakukan
oleh organisasi yang bergerak di bidang sosial dan dakwah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi bersaing generik diferensiasi penghimpunan dana
zakat (studi pada LAZISMU DIY) dilakukan berdasarkan empat diferensiasi yaitu
diferensiasi produk, diferensiasi kualitas pelayanan, diferensiasi distribusi saluran,
dan diferensiasi citra. Pada diferensiasi produk strategi dilakukan dalam melalui
tiga hal meliputi bentuk program, mutu program, dan kehandalan program. Pada
diferensiasi kualitas pelayanan strategi dilakukan didasarkan pada tangible (fisik),
reliability (kehandalan), ketanggapan (responsiveness), assurance (jaminan), dan
emphaty (empati). Pada diferensiasi distribusi saluran strategi dilakukan dengan
cara saluran pelayanan langsung dan saluran pelayanan tidak langsung. Pada
diferensiasi citra strategi dilakukan dengan cara meningkatkan reputasi lembaga,
kredibilitas lembaga, dan kualitas program/pelayanan.
Collections
- Islamic Economics [827]