Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. A.F. Djunaidi, M.Ag
dc.contributor.authorABDUL LATHIF
dc.date.accessioned2021-06-10T02:58:42Z
dc.date.available2021-06-10T02:58:42Z
dc.date.issued2020-12-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29114
dc.description.abstractPenelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Tahsin dan Tahfidz dalam full day school di MI Nurul Ummah serta untuk mengetahui optimalisasi program Tahsin dan Tahfidz tersebut untuk membina akhlak peserta didik. Kondisi ini menjadi penting sebagai upaya membina akhlak peserta didik di MI Nurul Ummah kota gede Yogyakarta dan menjadi alternatif bagi guru dan wali murid untuk mengatsai problem yang di hadapi, sekaligus membina akhlak pesrta didik agar menjadi lebih baik. kemudian apa faktor pendukung dan penghammbat optimalisasi program Tahsin dan Tahfidz di MI Nurul Ummah kota gede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Tahsin dan Tahfidz, dan Siswa MI Nurul Ummah kota gede Yogyakarta. Teknik yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalahobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang di gnakan dalam menganalisis data adalah analisis kualitatif. Model interaktif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Optimalisasi progam Tahsin – Tahfidz dalam full day school di MI Nurul Ummah untuk membina akhlak peserta didik, sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang di harapkan oleh madrasah, pencapaian tersebut terbukti dengan siswa siswi nya yang sebagian besar bisa menghafal 10 juzz dalam waktu 6 tahun. akan tetapi program tersebut untuk membina akhlak peserta didik masih memiliki faktor-faktor yang berpengaruh, antaralain; peran guru yang aktif dalam mendidik murid dalam mengajarkan materi-materi dan metode yang sudah di terapkan dari sekolah, peran orang tua wali murid dalam mendukng keberlangsungan belajar mengajar terutama pembelajaran Tahsin dan Tahfidz, dan juga terdapat fasilitas yang mendukung untuk pelaksanaan program tersebut. hal tersebut merupakan faktor pendukung. Faktor penghambat nya adalah suasana kelas yang terkadqang masih kurang kondusif, kurangnya kordinasi antara guru dengan orangtua wali murid, kurangnya waktu hafalan dan sikap kepribadian siswa masih usia dini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTahsinen_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.subjectAkhlaken_US
dc.titleOPTIMALISASI PROGRAM TAHSIN-TAHFIZ DALAM FULL DAY SCHOOL DI MI NURUL UMMAH UNTUK MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIKen_US
dc.Identifier.NIM15422179


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record