STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN MUTIHAN BANGUNTAPAN BANTUL
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian
kegiatan yang didesain secara khusus ( baik metode ataupun pemenfaatan
berbagai sumber daya ) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam
pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat
melakukan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk
mencapai program pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai
beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan
enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan
motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih
dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompotensi
tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah : ( 1 ) mendeskripsikan strategi guru pendidikan
agama islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama islam di SD N Mutihan. ( 2 ) mendeskripsikan
peningkatan motivasi belajar siswa di SD N Mutihan. ( 3 ) menyebutkan faktorfaktor
yang
menghambat
dan
penunjang
dalam
peningkatan
motivasi
belajar
siswa
di
SD
N
Mutihan.
Untuk
mencapai
tujuan
diatas,
digunakan
pendekatan
penelitian
kualitatif.
Dalam
proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu
metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya,
penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan
data secara tertulis mengenai data-data terkait, dimana dalam hal ini penulis
menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru pendidikan agama islam
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama islam di SD N Mutihan banguntapan bantul sudah baik dan meningkat. Hal
ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk
keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak
membaca. Siswa yang biasanya duduk-duduk pulang, saat sekarang sudah berani
bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Dan juga
tercermin dari akhlak para siswa yang mana siswa selalu ta’dzim kepada gurugurunya
dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa meningkatkan
motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport,
namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam
bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh SD N Mutihan
untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan
visi dan misi sekolah.
Collections
- Islamic Education [862]